INFO BFI FINANCE
Butuh Dana Dengan Hanya Menjaminkan BPKB Anda Uang Langsung Cair!!! Call : 085 399 064 915

21/06/11

Soal dan Jawaban Pengantar Teknologi Informasi

Soal !!!
  1. Jelaskan pengertian dari :
    Hard copy device?
    Soft copy device?
  2. Input device dapat digolongkan menjadi beberapa golongan. Sebutkan dan jelaskan masing-masing!
  3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
    Light Pen?
    Touch Screen?
    Digitizer Graphic Tablet?
    Mouse?
    Joystick?
    Touch Pad?
    Trackball?
  4. Berikan contoh Output device yang berupa :
    Printer?
    Plotter?
    Monitor / Display?
    Dan berikan penjelasan tiap-tiap bagian.

<Jawab>



  1. Pengertian dari :
    Hard copy device
    yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.

    Soft copy device
    yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
  2. Penggolongan input device :
    Keyboard
    Computer keyboard bisa juga disebut  papan tombol, adalah alat input yang paling umum dan banyak digunakan oleh pengguna komputer. Dengan kata lain merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts.
    Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

    Pointing device
    Pengertian : Komponen perangkat keras dalam komputer, Komunikasi antara manusia dan komputer
    Fungsinya : Mengijinkan manusia untuk memasukkan data ke dalam komputer

    Jenis Jenis Pointing Devices :
    Mouse
    Trackball
    Touchpad
    Touchscreen
    Light pen
    Light Gun
    Steering wheel
    Graphics tablets
    dll

    Scanner
    Definisi : Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.

    Kegunaan Scanner : Scanner berguna untuk mengcopy data (bentuk,text, image) dengan cepat, dan mengkonversikannya ke dalam data digital. Secara khusus kegunaan scanner tergantung pada jenisnya, misalnya: scanner logam untuk mendeteksi logam, scanner OMR dapat digunakan untuk memeriksa lembar jawaban, dan pemindai sinar x yang dikembangkan untuk kebutuhan dunia kedokteran.

    Jenis :
    Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
    1. pemindai gambar
    2. pemindai barcode
    3. pemindai sinar-X
    4. pemindai cek
    5. pemindai logam
    6. pemindai Optical Mark Reader (OMR)
    Di antara jenis-jenis pemindai tersebut, pemindai gambar adalah yang paling sering disebut sebagai pemindai.

    Cencor (Biometrik)

    Biometrik (berasal dari bahasa Yunani bios yang artinya hidup dan metron yang artinya mengukur) adalah studi tentang metode otomatis untuk mengenali manusia berdasarkan satu atau lebih bagian tubuh manusia atau kelakuan dari manusia itu sendiri. Dalam dunia TI, biometrik relevan dengan teknologi yang digunakan utnuk menganalisa fisik dan kelakuan manusia untuk autentifikasi. Contohnya dalam pengenalan fisik manusia yaitu dengan pengenalan :Sidik jari, Retina, iris, Pola dari wajah (facial patterns), Tanda tangan dan cara mengetik (typing patterns), Suara, tanda tangan atau irama dalam menulis (perilaku). Yang dilakukan, sederhananya, adalah mencocokkan gambaran digital dari karakter-karakter yang diamati dengan dengan rekaman karakter di gudang data (database). Komputer memungkinkan pencocokkan itu berlangsung lebih cepat,

    Voice recognizer
    Pengertian :
    Voice recognition adalah suatu sistem mengidentifikasi seseorang dari suaranya.
    Hardware yang dibutuhkan :
    SoundCard
    Soundcard merupakan alat yang ditambahkan dalam suatu komputer yang fungsinya sebagai input dan output suara untuk mengubah sinyal elektrik, menjadi analog maupun menjadi digital.
    Microphone
    Alat untuk mengubah suara yang melewati udara, air dari benda orang menjadi sinyal elektrik.

    Processor/Komputer
    Dalam proses suara digital menterjemahkan gelombang suara menjadi suatu simbol biasanya menjadi suatu nomor biner yang dapat diproses lagi. Saat pengunaan menggunakan mikrofon, soundcard berkualitas baik, sehingga akan mengurangi noise yang disebabkan karena terganggu sinyal monitor, pci slots.

    Prinsip kerja : Speaker recognition menggunakan fitur akustik ucapan yang ditemukan berbeda pada setiap orang. Ciri akustik tersebut disebabkan adanya perbedaan anatomi (seperti bentuk mulut dan tenggorokan) dan kebiasaan yang berbeda seperti (penekanan dan gaya bahasa). Perbedaan yang khas tersebut disebut "voiceprints“ yang menjadi suatu metode biometric. Bagan cara kerja :
    1. Komputer/Processor
    2. Soundcard
    3. Microphone
    4. Software pendukung (Multiedia, HMM)

    Dengan menggunakan komputer dan mikrofon untuk merekam suara sudah cukup, kemudian algoritma software didalamnya akan menganalisa spektrum suara.

    Implementasi voice recognition :
    Dapat digunakan sebagai alat investigasi kepolisian, untuk melakukan crosscheck misal untuk suara seorang kriminal yang dicocokkan dengan database suara kriminal yang pernah tertangkap di kepolisian. Jadi hanya untuk mencocokan saja apakah benar-benar orang tersebut misal bernama Mary yang mengambil uang di ATM setelah suara terekam dengan alat yang telah disediakan di ATM tersebut.
    Masalah identifikasi suara dibagi menjadi dua kategori :
    1. Membedakan beberapa usara pada saat terjadi percakapan.
    2. Identifikasi suara dapat dilakukan dengan proses algoritma yang komplek, sedangkan jika hanya untuk verifikasi dapat dilakukan dengan lebih simpel karena hanya dilakukan dengan membandingkan voiceprint.
    Future voice recognition :
    1. Semua komputer PC dilengkapi dengan software Voice Recognition. Jika telah dilengkapi juga dengan hardware pendukung dapat melakukan perintah hanya dengan suara tanpa menggunakan keyboard.
    2. Kecepatan (satuannya per menit) dan minimnya salah kata, untuk software Speech recognition.
  3. Maksud dari :
    Light Pen
    Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesign gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirim sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, di mana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
    Light Pen menyentuh layar monitor dengan pena. Posisi sentuhan di layar akan lebih tepat dan teliti.

    Touch Screen
    Touch Screen merupakan layar monitor yang akan mengaktifkan program bila layarnya disentuh dengan tangan.

    Digitizer Graphic Tablet

    Digunakan untuk membuat grafik atau gambar dengan cara menghubungkan dua buah titik di graphic tablet dengan alat yg menyerupai pen.

    Mouse
    Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh sebuah permukaan yang keras dan rata.

    Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagi perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse yang lebih baru biasanya tidak mempunyai bola; menggunakan sinar optik untuk mendeteksi gerakan pemakai. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik itu yang berbasis radio, inframerah maupun bluetooth.

    Joystick
    Alat masukan (input device) computer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke empat arah (kiri-kanan dan maju-mundur).  Digunakan bagi aplikasi permainan (game) komputer dan tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari bentuk joystick pesawat terbang, setir mobil dan gamepad.

    Touch Pad
    Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu edengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

    Trackball

    Alat penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Mensimulasikan pergerakan vertikal, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan alat berulang kali untuk dapat menaikkan/menurunkan layar.
  4. Contoh output device yang berupa :
    Printer
    Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print headnya. Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer. Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.

    Plotter
    Plotter merupakan alat keluaran komputer yang khusus digunakan menggambar. Cara kerja plotter yaitu menggambar/mencetak sesuai dengan urutan gambar atau layer. Plotter mampu menggambar dari ujung kertas satu ke ujung kertas lainnya dan kembali ke ujung semula. Pada plotter mempunyai kemungkinan terjadi penumpukan atau pengulangan pada titik yang telah diplot sebelumnya. Plotter banyak digunakan untuk percetakan gambar-gambar teknik, misalkan gambar rancang bangun atau gambar desain interior. Adapun program yang digunakan adalah CAD (Computer Aided Design), contohnya AutoCad, ArchiCAD dll.

    Monitor / Display
    Monitor adalah salah satu jenis soft copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).