INFO SMF|Smart Multi Finance|Makassar
Butuh Dana Dengan Hanya Menjaminkan BPKB Anda Uang Langsung Cair!!! Call : 085 399 064 915

05/04/11

Keylogger

Keylogger (atau ada juga yang mengatakan key recorder) adalah suatu aplikasi atau software yang berguna untuk merekam semua penekanan tombol (keystroke) keyboard komputer ke dalam suatu file. Aplikasi keylogger ini bisa dikatakan seperti suatu pisau bermata dua. Di kalangan cybercrime keylogger sering digunakan untuk mencuri data username dan password pada suatu komputer tertentu. Tentu saja ini dilakukan tanpa sepengetahuan Anda. Hasil rekaman penekanan tombol keyboard tersebut lalu dikirimkan kepada orang yang mencuri data tadi. Bisa melalui e-mail, irc atau bahkan bisa diamati langsung secara realtime melalui web.



Dari sisi positifnya, keylogger sering dimanfaatkan untuk mencatat segala aktivitas penekanan tombol keyboard ketika Anda jauh dari komputer Anda. Ini tentunya demi alasan keamanan untuk mendeteksi apakah komputer Anda digunakan oleh orang lain. Selain itu aplikasi keylogger sering juga digunakan oleh orang-orang tua untuk mengawasi kegiatan komputer anak-anaknya. Dengan memasang software keylogger pada komputer maka Anda para orang tua bisa mengetahui aktivitas anak Anda di depan komputer.


Ada banyak sekali software keylogger yang bisa Anda gunakan. Ada yang sifatnya freeware (gratis) dan ada juga yang komersial. Anda bisa menuju ke Google dan cari dengan kata kunci freeware keylogger. Disana nanti akan keluar banyak sekali daftar aplikasi keylogger yang bisa Anda gunakan. Beberapa yang penulis dapatkan antara lain anda bisa langsung download disini.

Pertama, mari kita bahas keylogger yang membaca clipboard Windows… Sebagai contoh, kita coba meng-copy kata ini: “s3cr3t_pa5sw0rd”. Copynya dari aplikasi mana saja… Notepad juga boleh lah… Terus setelah kita mengcopy kata tersebut. Silakan ke Start->Run. Dalam input-an isi dengan “clipbrd” dan tekan [ENTER]. Sehingga anda melihat window sebagai berikut:


Tampilan Clipbrd Windows
Tampilan Clipbrd Windows
Binggo, ternyata semua aktifitas copy (sebelum di paste) di taronya di clipbrd toh..?? Hmm… Sudah banyak keylogger yang memonitor clipbrd Windows anda loh. Hati-hati klo PC anda sudah terinfeksi keylogger semacam ini, jangan sekali-kali meng-copy password (ATAU JUGA kata-kata penting lainnya). Karena semua yang anda copy, pasti masuk ke clipbrd…!!
Sekarang contoh selanjutnya: keylogger yang tidak anda sangka-sangka adalah sebuah keylogger… Hehehe… Inilah dia, aplikasi kecil buatan saya waktu masih pintar ngoding (hahaha). Aplikasi lucu ini secara sepintas seperti aplikasi ramalan cinta biasa. Tapi dibalik itu semua, saya sudah menanamkan keylogger di inputannya. Aplikasinya bisa dilihat seperti ini:


Tampilan LoveMetre
Tampilan LoveMetre
Simple ‘kan? Dan anda mestinya langsung ngerti… (Tombol “PORTEND” maksudnya “RAMAL”)
Sebagai contoh, saya masukan nama JOKO sebagai sang korban. Si JOKO pertama-tama saya yakinkan bahwa nama cewe yang dia taksir ga akan ketahuan. Soalnya lihat aja tuh, input yang dimasukkannya disembunyikan pake karakter (*). Ya ‘kan?
Joko percaya-percaya aja sama saya. Dia kemudian memasukkan nama cewe yang dia taksir ke dalam inputan tsb. Dan… ramalannya mengatakan kecocokan antara JOKO dan si do’I adalah 70,5% euy!! Terlihat wajah Joko yang berseri-seri… Oke sampai sini biarin aja dulu dia senang bahagia hehey… Dan ketika si Joko udah pulang, saya buka deh file hasil rekam aplikasi ini bernama “JOKO.txt”… Inilah dia hasilnya tadaaa…


Hasil KeyLogging Ramalan Cinta
Hasil KeyLogging Ramalan Cinta
Nah sekarang anda sudah tau kan apa itu keylogger dalam arti yang sebenarnya?
KEYLOGGER GA HARUS MEREKAM PASSWORD! Ya, rekam apa saja… Tapi ya emang udah barang tentu yang paling enak di rekam adalah yang berharga-berharga seperti password, no kartu kredit, dsb. Untuk itu keylogger lebih sering memantau yang kayak gitu-gitu ketimbang yang kayak gini-gini. Hehehe…
Jangan salah kaprah tentang keylogger. Sedikit aja salah menjelaskan, kasihan ke orang awam… Hehehe


Tampilan Ketika Keluar dari Aplikasi LoveMetre
Tampilan Ketika Keluar dari Aplikasi LoveMetre
Untuk download aplikasi keylogger diatas klik DISINI